Senin, 25 Januari 2010

Sekilas sejarah internet

Mungkin agak sulit dipercaya bahwa cikal bakal internet sesungguhnya diawali dari Uni Sovyet, ketika pada tahun 1957 mereka meluncurkan sebuah satelit bernama Sputnik.

Peluncuran sputnik itu dirasakan sebagai "ancaman" oleh musuh besar mereka, yaitu Amerika Serikat. Presiden Dwight D. Eisenhower menyatakan perlunya membangun sebuah teknologi yang membuat AS tetap sebagai negara superior. Kemudian dibentuklah sebuah badan yang disebut Advanced Research Projects Agency ( ARPA ). ARPA bernaung dibawah departemen pertahanan amerika serikat atau Department of Defense ( DoD ).

Pada tahun 1969,DoD memberi tugas kepada ARPA untuk membangun sebuah mata rantai komunikasi antara DoD dengan militer yang tak dapat disabot oleh musuh mereka. Jaringan komunikasi yang diciptakan ini bernama ARPAnet. Pada awalnya ARPAnet hanya menghubungkan empat buah situs, Yaitu : Stanford Research Institute ( SRI ), University of California at Santa Barbara ( UCSB ), University of California at Los Angeles ( UCLA ), dan University of Utah.

Pada tahun 1970, penelitian yang dilakukan d Stanford University menghasilkan sebuah protokol yang disebut TCP/IP ( Transmission Control Protocol/ Internet Protocol ) yang nantinya menjadi semacam "bahasa" yang dimengerti jaringan komputer berbasis sistem operasi apapu. Itulah sebabnya mengapa internet dapat diakses oleh mereka yang mempunyai sistem operasi baik itu Windows, Linux, Mac, FreeBSD, BeOS. Hal ini dikarenakan pada setiap sistem operasi tersebut telah dilengkapi TCP/IP yang memungkinkan mereka untuk berkomunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar