Kamis, 18 Maret 2010

Keutamaan bersedekah.

Penahkah anda melihat orang-orang yang berdiri dan menjadi peminta-minta ditepi jalan?? Pemandangan itu hamper tiap hari dapat kita saksikan disekeliling kita. Terutama disekitaran lampu merah yang menjadi tempat “terfavorit” untuk melakukan aksinya. Hal ini terjadi dikarenakan kurangnya solidaritas manusia yang mulai menjadi sebuah manusia baru yang berpaham ‘hedonis’ yaitu manusia yang tidak lagi peduli dengan keadaan disekelilingnya.
Apabila kita kaji lebih dalam lagi, kita akan menemukan satu titik masalah yang sebenarnya tidak harus terjadi apabila manusia itu tidak berpaham ‘hedonis’. Pernahkah anda berfikir bahwa hal itu tak perlu terjadi jika manusia saling toleransi untuk mengeluarkan sedekah dan zakatnya kepada mereka yang memerlukan?? Pernahkah anda berfikir dalam setiap jerih payah anda tersebut juga ada bagian dari mereka yang memerlukan??

Terkadang manusia tidak ingin hartanya dikeluarkan dengan ‘sia-sia’ untuk kepentingan orang lain. Padahal dalam setiap pendapatannya tersebut terdapat hak-hak orang lain dan merupakan kewajibannya untuk mengeluarkan hak-hak orang lain tersebut. Seandainya mereka tahu keutamaan-keutamaan dari bersedekah dan berzakat, niscaya mereka akan berbondong-bondong untuk mengeluarkan zakat dan sedekahnya.
Adapun keutamaannya ialah antara lain sebagai penyambung silaturrahim antara orang kaya dan orang miskin, sebagai pembersih harta yang kita dapatkan, untuk menambah jumlah harta yang akan kita dapatkan kelak, dan untuk menjadi amal ibadah yang mulia.
Bahkan Allah SWT sendiri juga berfirman “ Barangsiapa yang melakukan satu amal maka baginya mendapatkan sepuluh kali lipat. ( QS Alan’am 160 )”
Jadi apa yang anda tunggu lagi??sudahka anda bersedekah hari ini??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar