Selasa, 09 Maret 2010

Sistem Manajemen Basis Data

Sisem manajemen basis data ( DBMS ) adalah perangkat lunak yang didesain untk membantu memelihara dan memanfaakan kumpulan data yang besar. Alternatif penggunaan DBMS adalah menyimpan data dalam file dan menulis kode aplikasi tertentu untuk mengaturnya.
Keuntungan DBMS
- Mengurangi pengulangan data
Apabila dibandingkan dengan file-file computer yang disimpan terpisah disetiap aplikasi computer, DBMS mengurangi jumlah total file dengan menghapus data yang terduplikasi diberbagai file. Data tersuplikasi selebihnya dapat ditempatkan dalam satu file.
- Mencapai independensi data
Spesifikasi data disimpan dalam skema pada tiap program aplikasi. Perubahan dapat dibuat pada struktur data tanpa mempengaruhi program yang mengakses data.
- Mengintegrasikan data beberapa file
Saat file dibentuk sehigga menyediakan kaitan logis, maka organisasi fisik bukan merpakan kendala. Organisasi logis, pandangan pengguna dan program aplikasi tidak harus tercermin pada media penyimpanan fisik.
- Mengambil data dan Iinformasi dengan cepat
Hubungan-hubungan logis, bahasa manipulasi data, serta bahasa query memungkinkan pengguna mengambil data dalam hitungan detik dan menit.
- Meningkatkan keamanan
DBMS mainframe maupun computer mikro dapat menyertakan beberapa lapis keamanan seperti kata sandi ( password ), direktori pemakai, dan bahasa sandi ( encryption ) sehingga data yang dikelola lebih aman.

Kerugian DBMS
- Memperoleh perangkat lunak yang mahal
DBMS mainframe masih sangat mahal. Walaupun harga DBMS berbasis mikro lebih murah, tetapi tetap merupakan pengeluaran besar bagi suatu organisasi kecil.
- Memperoleh konfigurasi perangkat keras yang besar
DBMS sering memerlukan kapasitas penyimpanan dan memori lebih besar daripada program aplikasi lain.
- Mempekerjakan dan mempertahankan staf DBA
DBMS memerlukan pengetahhuan khusus agar dapat memanfaatkan kemampuannya secara penuh. Pengetahuan penuh ini disediakan paling baik oleh para pengelola basis data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar